BERAU – Jelang Lebaran, Tim Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Berau melakukan aktivitas penyemprotan cairan disinfektan di area pasar Tradisional Sanggam Adji Dilayas, Kecamatan Teluk Bayur, Senin (18/5).

Dalam kegiatan tersebut, tim BPBD terdiri dari 13 orang dan PMI 16 orang. Mereka membentuk tim untuk berbagi tugas melakukan penyemprotan di setiap sudut pasar.

Sebelum ke pasar, tim gabungan BPBD dan PMI melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang positif virus corona di jalan Cut Nyak Dien, Kecamatan Teluk Bayur. Tak hanya itu, tim juga memberikan paket semabako.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Berau, H Azkar mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Kami lakukan di pasar karena pasar merupakan pusat keramaian, apalagi dekat lebaran semakin padat orang berkunjung ke pasar,” ujarnya.

“Dalam kegiatan tadi kami juga sempat lakukan penyemprotan di rumah warga yang positif di wilayah Teluk Bayur dan sekaligus memberikan paket sembako,” terangnya.

Koordinator Lapangan Penanggulangan Bencana PMI Berau Yudhi Rizal menyampaikan, tim dari PMI dan BPBD Berau sudah sangat intens melakukan kerja sama dalam kegiatan penanggulangan bencana di Bumi Batiwakkal.

“Prinsipnya, kami selalu siap terlibat dalam kegiatan BPBD dan terus melakukan koordinasi,” sebutnya. Meski, PMI Berau pun juga sudah memiliki agenda rutin dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan kebencanaan.

Senada, Ketua Bidang Relawan PMI Berau Endro S. Efendi menyampaikan, tim relawan PMI selalu siap jika dibutuhkan masyarakat, termasuk BPBD.

“Alhamdulillah kehadiran kami selalu disambut baik masyarakat. Mudah-mudahan apa yang dilakukan para relawan PMI bisa membantu masyarakat baik secara langsung atau tidak,” ucapnya.

Karena itu, kehadiran tim PMI dan BPBD di Pasar SAD tak hanya melakukan penyemprotan. Tim Promosi Kesehatan PMI juga melakukan sosialisasi kepada warga di pasar tersebut untuk membiasakan diri pakai masker dan mencuci tangan.

Selain diberikan brosur, beberapa pedagang dan pengunjung pasar juga diberi masker gratis oleh tim PMI. Masker tersebut adalah sumbangan pribadi dari H Agus Tantomo sebagai ketua PMI Berau yang saat ini juga masih menjabat sebagai wakil bupati Berau.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *