Ujoh Bilang – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh melakukan monitoring dan evaluasi (monev) hasil kinerja tim yang ditempatkan di Pos Pengawasan dan Pengendalian Kesehatan (Wasdalkes) perbatasan, dalam pencegahan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

“Saya dan tim telah beberapa kali melakukan monev terhadap sejumlah Pos Wasdalkes baik di perbatasan bagian hilir sungai, tengah, mapun di bagian hulu riam. Hasilnya bagus sehingga sampai sekarang Mahulu masih zona hijau virus corona,” ujar Bonifasius di Ujoh Bilang, Rabu (20/5/2020)

Monev ke sejumlah Pos Wasdalkes tersebut, katanya, merupakan implementasi dari Surat Keputusan (SK) Bupati nomor 188.45/K.104/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Sedangkan ketika mengunjungi dua Pos Wasdalkes di kawasan hulu riam, yakni di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari yang berbatasan darat dengan Serawak, Malaysia, bupati mengatakan tujuan kedatangan tim selain untuk monev juga untuk memberikan bantuan sembako.

“Bantuan sembako ini sebagai wujud dukungan kami dalam memberikan semangat kepada tenaga kesehatan, TNI dan Polri yang bertugas di Pos Wasdalkes di jalur darat maupun jalur sungai di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari,” tutur bupati yang juga Ketua Tim Gugus Tugas (TGT) COVID-19 Mahulu ini.

Ia melanjutkan bahwa kebijakan yang diambil pemerintah terkait pengetatan pada pintu masuk melalui Posko Wasdalkes, bertujuan untuk melakukan antisipasi penyebaran COVID-19 agar Mahulu tetap berada di zona hijau dan seluruh lapisan masyarakat Mahulu tetap sehat.

“Harapan saya, semua surat edaran yang sudah disampaikan dapat dilaksanakan dengan baik. Jika bisa berjalan baik, pasti kita bisa terhindar dari virus corona. Artinya, kontrol yang kita lakukan selama ini berjalan sesuai dengan standar operasionalnya,“ ucap bupati.

Sementara Ketua DPRD Mahulu, Novita Bulan di kesempatan itu mengatakan, DPRD selaku mitra pemerintah daerah dalam pelaksanaan berbagai program, termasuk dalam pencegahan COVID-19, terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Kemudian berdasarkan arahan Ketua TGT Mahulu terhadap semua imbauan maupun surat edaran dari pemerintah, ia minta semua pihak bersama-sama memberikan dukungan, saling menjaga dan terus bekerjasama sehingga memiliki kesamaan presepsi dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Novita Bulan juga menyerahkan bantuan bahan makanan, suplemen, dan kebutuhan lain bagi tim yang melaksanakan tugas di Posko Wasdalkes. Ia berharap bantuan dari bupati dan dari Fraksi Gerindra DPRD Mahulu ini dapat bermanfaat.

“Bantuan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Fraksi Gerindra kepada seluruh petugas di garda terdepan kabupaten di setiap posko, untuk pengetatan orang ke luar dan masuk demi pencegahan virus corona agar kita tetap sehat,” tuturnya. (mg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *