BALIKPAPAN-  Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan, kebagian rapid test untuk para imam dan khatib, khusus kecamatan Kota Balikpapan.

Rapid test bagi para imam dan khatib itu dimulai, Selasa (19/5/2020) di Markas PMI Kota Balikpapan.

Meski para imam dan khatib belum datang semua untuk melakukan rapid test. Namun, beberapa imam dan khatib, telah melaksanakan tes scraning itu.

Ketua PMI kota Balikpapan drg. Dyah Muryani, MARS menyampaikan rapid test itu dilakukan mengacu pada imbauan Wali Kota Balikpapan, bahwa para imam dan khatib harus melakukan tes scraning COVID-19.

“Untuk memastikan para imam dan khatib di masjid, benar-benar bebas dari virus Corona. Termasuk menjelang perayaan Idul Fitri 1441 H,” ungkap Dyah Muryani.

Rapid tes itu dilakukan para imam dan khatib se RT pendeta se-kota Balikpapan. Meski pemeriksaan rapid test berdasarkan wilayah masing-masing, dan rumah sakit yang ditunjuk.

Pemeriksaan scraning COVID-19 itu, sebagai upaya Pemkot Balikpapan dalam pencegahan dan penanganan virus Corona, di wilayah Balikpapan, khususnya pemuka agama.

Mengingat, intensitas kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, makin padat bagi pemuka agama.

Pemeriksaan itu juga, sebagai upaya Pemkot Balikpapan memutus mata rantai, penyebaran COVID-19.

Termasuk, imbauan Pemkot Balikpapan, untuk melaksanakan ibadah di rumah dan pelaksanaan Idul Fitri.

Meski beberapa masjid dan lingkungan akan melaksanakan Idul Fitri secara berjamaah, namun berbagai pertimbangan dan menyesuaikan protokol COVID-19. Juga dinilai wilayah aman dan tidak memiliki pasien reaktif ataupun positif virus Corona.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *