BONTANG – Tren perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bontang perlahan tunjukkan hasil positif. Namun, kewaspadaan tinggi tetap harus prioritas. Sebab, Kota Bontang saat ini diapit dua wilayah zona ungu.(21/05/2020)

Pemrov Kaltim menetapkan kawasan zona ungu sebagai wilayah transmisi lokal dengan jumlah kasus di atas 48 temuan.

Zona ungu di Kaltim terjadi di tujuh kabupaten dan kota di Kaltim, kecuali Kota Bontang, Kabupaten Mahakam Ulu dan Kota Samarinda.

Selebihnya sudah terjadi tranmisi lokal. Penularan Covid-19 di daerah transmisi lokal bukan lagi bersumber orang yang berpergian namun sudah di daerah setempat.

“Kondisi perkembangan kasus COVID-19 di Kota Bontang memang menunjukkan tren yang baik, namun harus tetap waspada,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Bontang, Bahauddin.

Dia menjelaskan, selain pelaku perjalanan dari luar wilayah Kalimantan Timur, pelaku perjalan dari wilayah sekitar Bontang juga memiliki resiko tinggi terpapar Covid-19.

Terutama dari daerah yang ditetapkan sebagai zona ungu. Di Kalimatan Timur sendiri, dari 11 Kabupaten dan Kota terdapat ada tiga wilayah yang ditetapkan sebagai zona ungu, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau

“Bukan hanya pelaku perjalanan dari luar Kalimantan Timur yang berisiko, tetapi pelaku perjalanan dari wilayah sekitar Bontang memiliki risiko terinfeksi terutama di wilayah zona ungu,” pungkasnya. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *