Kutai Barat – Perlahan tapi pasti pertambahan pasien positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) terus meningkat. Untuk itu ada wacana pemerintah untuk menggelar Rapid Test masal, seperti diungkapkan Tim Gugus Tugas Penanganan Perkembangan Covid-19 yang disampaikan langsung Sekertaris Daerah Kubar, Drs. Yacob Tullur, MM setelah libur Hari raya Idul Fitri saat jumpa pers di Media Center Covid-19, Rumah Dinas Bupati Kubar, Komplek perkantoran pemerintahan Kubar, Senin (26/5/20).

Dilansir dari penasatu.com Sekarang jumlah pasien covid-19 bertambah satu, sehingga jumlahnya jadi 16 orang. Yang berasal dari klaster Gowa (Sulawesi Selatan) yang terkonfirmasi melalui Swab PCR Test , yaitu seorang laki laki berusia 60 tahun warga kecamatan Bongan, ujar Sekda.

“Sehingga ada wacana untuk melakukan Rapid Tes masal, minimal akan dilakukan di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Melak, Kecamatan Borang Tongkok dan Kecamatan Bongan.” bebernya.

Lebih lanjut Yacob menambahkan, pada rapid test masal tersebut, yang menjadi sasaran kita nanti adalah pasar-pasar. Kenapa sasaran kita di pasar-pasar, karena disana tempat berkumpulnya masa yang riskan tertular covid-19. Untuk itu kita gelar demi memutuskan mata rantai penyebaran wabah pandemi covid-19 di Kabupaten Kutai Barat, jelas Yacob.

Harapannya dibutuhkan kesadaran seluruh masyarakat untuk dapat mengikuti proses jika nanti ada tim kesehatan yang datang untuk mengadakan rapid test. Kepada masyarakat diharapkan untuk suka rela memeriksakan diri, ini agar kita bisa memastikan, apakah diri kita terjangkit atau tidak, pinta Sekda.

“Jika masyarakat siap maka nanti tim Kesehatan bersama tim gugus tugas akan menjadwalkan,” tutur Yacob Tullur.

“Untuk di ketahui, data pertanggal 26 Mei 2020, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 222 orang, terpantau 200 orang, dalam proses 22 orang, jumlah Pelaku Perjalanan (PP) 8.913 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Sembilan  orang, kasus negatif Lima orang, isolasi mandiri dua orang, masih di rawat empat orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 207 orang.

Pada kasus positif covid-19 PCR sebanyak 21 orang (keterangan lima  sembuh, 16 orang positif PCR),Orang Dalam Pemantauan (OTG) empat orang (di rawat),Pasien Dalam Pengawasan satu  orang (di rawat),Orang Tanpa Gejala (OTG) 10 orang (di rawat).

Hadir saat jumpa pers Kadiskes, dr.Ritawati Sinaga,M.Si, Direktur RSUD HIS, dr.Akbar,M.Si, Kabag Sumda Polres Kubar, Kompol Iswahyudi, Kodim 0912 Kubar yang diwakili oleh Pasi Ops Kapten Inf Hariyadi.*

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *