Samarinda— Temuan kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur kembali meningkat, untuk itu masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dengan tetap menjaga jarak dan membatasi aktifitas diluar rumah.

“Harus waspada kasus positif terus bertambah, meskipun jumlahnya masih tetap terkendali, tapi ini peringatan bagi kita bahwa memang covid ini masih berada di antara kita,”ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Sabtu (30/5/2020).

Pria yang kerap disapa Andi melaporkan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif hingga sore hari ini terjadi penambahan enam  kasus, sehingga total kasus positif Covid-19 mencapai 291 kasus dan sebagian besar kasus positif diantaranya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ke Enam kasus tersebut Andi merincikan sebagai berikut :

Kabupaten Kutai Kartanegara Satu Kasus

  1. KKR 47 (Laki-laki 44 tahun) merupakan kasus OTG yang ditetapkan oleh DPJP dan Dinkes Kutai Kartanegara. Kasus dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara sejak terkonfirmasi hari ini.

Kabupaten Kutai Timur Satu Kasus

  1. KTM 40 (Laki-laki 53 tahun) merupakan kasus PDP yang memiliki keluhan. Kasus dirawat di RSUD Kudungga sejak 29 Mei 2020.

Kota Balikpapan Dua Kasus

  1. 2 Kasus (BPN 59 Laki-laki 51 tahun dan BPN 60 Laki-laki 49 tahun) merupakan OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Balikpapan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan sejak 29 Mei 2020.

Kota Samarinda Dua  Kasus

  1.  2 Kasus (SMD 42 Laki-laki 31 tahun dan SMD 43 Laki-laki 38 tahun) merupakan OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Samarinda. Kasus dirawat di RS Karantina Bapelkes sejak 29 Mei 2020.

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 18 kasus dengan begitu total pasien sembuh 161 kasus. 18 kasus tersebut diantaranya dari Kabupaten Kutai Kartanegara 10 kasus, Kabupaten Kutai Timur Dua kasus, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dua kasus, Kota Balikpapan tiga 3 kasus dan Kota Samarinda satu kasus. Mereka dinyatakan dua kali negatif virus Covid-19 setelah menjalani dua kali pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Dia melanjutkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terjadi penambahan satu kasus, sehingga totalnya 792 kasus.

Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) terjadi tambahan sebanyak 11 kasus dari total 10.021 kasus, selesai pemantauan 9.351 kasus dan masih dalam proses pemantauan ada ada 670 kasus

Andi juga menambahkan PDP dengan hasil negatif bertambah 13 kasus dari Kabupaten Kutai Kartanegara tiga kasus, Kabupaten Kutai Timur empat kasus, Kabupaten Paser empat kasus dan Kota Balikpapan dua kasus.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *