Samarinda— Jumlah kasus positif Covid-19 di Kaltim terus meroket, hingga kini berdasarkan informasi dari Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak total pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim mencapai 327 kasus.

Angka penambahan tersebut sekaligus menunjukkan masih ada penularan ditengah masyarakat, sehingga angka positif Covid-semakin tinggi.

“Hari ini 10 kasus yang dinyatakan positif Covid,”terangnya saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Sabtu (6/6/2020)

Penambahan Kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid 19 dengan hasil Positif (Konfirmasi) COVID-19 per 6 Juni 2020 sebanyak 10 Kasus sebagai berikut:

Kabupaten Kutai Kartanegara Satu Kasus

  1. KKR 51 (Laki-laki 54 tahun) merupakan OTG yang ditetapkan oleh DPJP dan Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan

Kabupaten Penajam Paser Utara Satu Kasus

  1. PPU 20 (Wanita 49 tahun) merupakan kontak erat BPN 52 dari kluster ABK Amertha. Kasus melakukan isolasi diri dirumah.

Kota Balikpapan Delapan Kasus

  1. BPN 73 (Laki-laki 48 tahun), BPN 74 (Laki-laki 26 tahun), BPN 75 (Laki-laki 20 tahun), BPN 76 (Laki-laki 26 tahun), BPN 78 (Laki-laki 51 tahun), BPN 79 (Laki-laki 43 tahun), dan BPN 80 (Laki-laki 32 tahun) merupakan Kasus OTG ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Balikpapan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan sejak terkonfirmasi Covid 19 pada hari ini.
  2. BPN 77 (Wanita 52 tahun) merupakan OTG kontak erat BPN 56, Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan

Andi menegaskan sebagian besar pasien yang terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan sebagian besar adalah bukan penduduk Kalimantan Timur melainkan dari daerah Jawa dan Makasar. Dimana mereka merupakan karyawan perusahaan, ternyata mereka saat di uji PCR di Balikpapan banyak yang terkonfirmasi positif.

Untuk itu diharapkan setiap perusahaan perusahan saat ini melakukan screening lebih ketat kepada karyawannya.

Selain itu, Andi juga menyampaikan jumlah pasien sembuh juga terus bertambah menjadi 206 kasus setelah ada penambahan 22 kasus sembuh hari ini.

Pasien yang dinyatakan sembuh yaitu tiga Kasus dari Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat lima Kasus, Kabupaten Paser empat Kasus, Kota Balikpapan lima kasus dan Kota Samarinda lima kasus. Mereka dinyatakan sembuh terang Andi, karena dua kali negatif virus Covid-19 setelah menjalani dua kali pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Kemudian Untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), jelas Andi 51 kasus dari total kasus 10.713 kasus dan masih dalam proses pemantauan ada 365 kasus.

Sementara PDP dengan hasil negatif bertambah 14 kasus, terdiri dari Kabupaten Kutai Barat 12 kasus dan Kabupaten Penajam Paser Utara dua kasus, dengan begitul total negatif sebanyak 907 kasus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *