Kutai Kartanegara – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali melakukan rapid test massal dengan sasaran kali ini para pedagang pasar tradisional yang ada di Kota Raja Tenggarong, Selasa (9/6/2020).

Diketahui, rapid test kali ini diikuti sebanyak 824 pedagang pasar Gerbang Raja Mangkurawang dan 400 pedagang pasar Tangga Arung, dengan jumlah total 1.224 pedagang.

Tampak secara bergantian para pedagang pasar tersebut diambil sampel darahnya oleh petugas kesehatan dan kemudian diteteskan ke alat rapid test, proses ini menunggu selama 15 menit kemudian, untuk melihat hasilnya apakah pedagang tersebut reaktif atau tidak.

Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara, Edi Damansyah berharap kerjasama yang baik antar tenaga medis dan pedagang pasar, agar jalannya rapid test ini bisa sesuai dengan target dan waktu yang telah ditetapkan.

Menurutnya ini adalah salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kukar melalui gugus tugas untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya bagi para pedagang di pasar tradisional.

“Jika sudah dirapid test dan hasilnya negative, maka semuanya sudah lega. Sesama pedagang pun tidak mencurigai dan was-was apakah ada membawa virus,”ujar Bupati.

Selama dilaksanakannya rapid test, diketahui satu orang pedagang memiliki hasil reaktif, pedagang ini kemudian diarahkan untuk dilakukan tes swab oleh petugas.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sedang menjalani masa relaksasi menuju new normal, meskipun diberikan kelonggaran dalam beraktifitas jual beli, pembeli dan pedagang tetap diminta untuk menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga kebersihan dan menggunakan masker.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *