Samarinda—- Sampai saat ini kasus positif Covid-19 baru di Indonesia masih mengalami pelonjakan yang signifikan, termasuk di Provinsi Kalimantan Timur.

Berdasarkan update terbaru dari Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak, jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif bertambah 11 kasus.

Menurut Andi, penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid 19 dengan hasil Positif sebagai berikut:

Kabupaten Kutai Timur Dua Kasus

  1.  KTM 42 (Laki-laki 34 tahun) merupakan pelaku perjalanan dari Pati Jawa Tengah yang akan kembali bekerja di Kutai Timur. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan sejak terkonfirmasi Covid 19 pada hari ini.
  2. KTM 43 (Wanita 46 tahun) merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) warga Kutai Kimur pelaku perjalanan dari Bali yang akan kembali ke kutai timur. Kasus melakukan isolasi mandiri yang direncanakan dirawat di RS Siloam Balikpapan.

Kabupaten Paser Satu Kasus

  1. PSR 17 (Laki-laki 28 tahun) merupakan kasus OTG yang akan kembali bekerja di Kabupaten Paser. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan sejak terkonfirmasi Covid 19 pada hari ini.

Kabupaten Penajam Paser Utara Satu Kasus

  1. PPU 22 (Laki-laki 51 tahun) merupakan kasus PDP dengan gambaran Broncopneumonia. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan sejak terkonfirmasi pada hari ini.

Kota Balikpapan Tujuh Kasus

  1. 3 Kasus dari Kluster Kampung Baru BPN 85 (Laki-laki 30 tahun), BPN 86 (Wanita 61 tahun) dan BPN 87 (Wanita 7 tahun) merupakan kasus OTG kontak erat BPN 62, BPN 81, BPN 82, dan BPN 83. Kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.
  2. BPN 84 (Wanita 60 tahun) merupakan kasus PDP yang ditetapkan oleh DPJP dan Dinkes Balikpapan. Kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.
  3.  BPN 88 (Laki-laki 38 tahun) merupakan OTG kontak erat BPN 55. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.
  4. BPN 89 (Laki-laki 30 tahun), BPN 90 (Laki-laki 26 tahun) merupakan kasus OTG kontak erat BPN 75. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

“Inilah perkembangan dinamika kasus COVID-19, melihat kondisi ini untuk melakukan kebijakan pelonggaran memang perlu dilakukan lebih seksama dan lebih ketat berdasarkan data dan kondisi lapangan,”terangnya saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Rabu (10/6/2020)

Kemudian Andi juga memyebutkan ada lima kasus yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 diantaranya, Kutai Barat 4 Kasus (KBR 3 laki-laki 18 tahun, KBR 5 laki-laki 31, KBR 17 laki-laki 43 tahun dan KBR 18 (Laki-laki 20 tahun). Selanjutanya Kutai Timur 1 Kasus ( KTM 24 laki-laki 37 tahun).

Mereka dinyatakan dua kali negatif virus Covid-19 setelah menjalani dua kali pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Untuk perkembangan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terjadi penambahan dua kasus, sehingga total menjadi 792 kasus.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah enam kasus dari total kasus 11.056 kasus, selesai pemantauan 10.627 dan masih dalam proses pemantauan ada 429 kasus. Selain itu, PDP dengan hasil negatif jelasnya, bertambah tiga kasus dari Kutai Barat.

Berdasarkan uji laboratorium, jumlah pasien terkomfirmasi positif sebanyak 362 kasus, sembuh 221 kasus, meninggal tiga kasus dan masih dirawat 138 kasus.

“Melihat kondisi ini potensi penularan masih sangat pesat kemungkinannya karena masih ada kasus-kasus baru yang muncul di Kaltim,”tuturnya

Oleh karena itu, agar bisa terhindar dari penularan menurut Andi, perlu mengkarantina diri secara mandiri dan individu yaitu dengan senantiasa memggunakan masker, menjaga jarak antar sesama dan senantiasa hidup bersih dan sehat.

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *