Samarinda—Peningkatan kasus positif virus Covid-19 masih terus bertambah. Hari ini Kamis 18 Juni 2020 kasus terkonfirmasi positif di Provinsi Kaltim menembus angka 405 kasus.

Dalam rilisnya Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak lewat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting melaporkan ada penambahan delapan kasus positif di Kaltim.

Andi merincikan delapan kasus tersebut yaitu :

Kabupaten Kutai Barat Satu Kasus

  1.  KBR 27 (Laki-laki 28 tahun) merupakan OTG pelaku perjalanan dari Surabaya (Jawa Timur) yang akan bekerja di Kabupaten Kutai Barat. Kasus dirawat di RS Siloam Balikpapan

Kabupaten Kutai Kartanegara Dua Kasus

  1.  KKR 64 (Laki-laki 29 tahun) dan KKR 65 (laki-laki 51 tahun) merupakan kasus OTG kontak erat KKR 63. kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan

Kabupaten Kutai Timur Satu Kasus

  1. KTM 44 (Laki-laki 62 tahun) merupakan kasus PDP warga Kabupaten Kutai Timur yang berobat ke RSUD Taman Husada Bontang dengan hasil rapid test reaktif. dirawat di ruang Isolasi Covid di RSUD Taman Husada Bontan.

Kabupaten Paser Satu Kasus

  1. PSR 21 (Laki-laki 43 tahun) merupakan kasus OTG warga Paser yang akan mutasi kerja ke Kutai Kartanegara dan melakukan pemeriksaan Covid-19 di Balikpapan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Kabupaten Bontang Dua Kasus

  1. BTG 14 (Laki-laki 51 tahun) merupakan kasus ODP pelaku perjalanan dari Jawa Timur Kasus dirawat di RS Pupuk Kaltim Bontang.
  2. BTG 15 (Laki-laki 54 tahun) merupakan kasus ODP pelaku perjalanan dari Jawa Timur dengan keluhan batuk dan sakit kepala. Kasus dirawat di RS Pupuk Kaltim Bontang

Kota Samarinda Satu Kasus

  1.  SMD 64 (Laki-laki 48 tahun) merupakan kasus OTG warga Samarinda yang akan bepergian ke Tarakan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Kemudian pada hari ini juga tercatat 18 kasus yang dinyatakan sembuh dari Berau 12 Kasus, Kabupaten Kutim dua Kasus, Kabupaten Paser satu Kasus dan Kota Balikpapan tiga Kasus.

18 kasus tersebut dinyatakan Sembuh, karena dari hasil laboratorium Rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negatif serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Lanjutnya, penambahan kasus juga terjadi pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 kasus, kini total menjadi 814 kasus.

Untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 242 kasus sebagian besar dari Balikpapan. Dengan begitu total ODP menjadi 11.739 kasus, selesai pemantauan 11.155 kasus dan masih dalam proses pemantauan 584 kasus.

Dengan demikian berdasarkan hasil uji laboratorium, jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 405 kasus, sembuh 310 kasus, meninggal empat kasus, probable satu kasus, negatif 1.568 kasus dan dirawat 91 kasus.

Jika melihat kondisi ini di Kaltim ungkap Andi, peningkatan kasus masih tinggi, maka diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan yang harus terus ditingkatkan. Jangan sampai kelonggaran atau relasasi ini ditanggapi berbeda oleh masyarakat seolah-olah sudah bebas melakukan aktivitas.

“Tentunya pelonggaran perlu ada konsekuensi yang harus dilakukan beradaptasi kebiasaan baru dengan patuh dan disiplin pada protokol kesehatan,”tegasnya

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *