Samarinda— Update perkembangan kasus positif Covid-19 di Kaltim hanya bertambah satu  kasus yang terkonfirmasi pada hari ini.

Data ini berdasarkan hasil rilis dari Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak lewat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Senin (22/6/2020).

Penambahan satu kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid 19 dengan hasil Positif berasal dari Paser yaitu PSR 22 laki-laki 32 tahun merupakan kasus OTG Warga Sulawesi Selatan yang bekerja di Batu Kajang dan akan mutasi ke Kabupaten Kutai Kartanegara. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Menurutnya, perlu disadari bahwa kecenderungan sekarang banyak kasus-kasus yang terjadi akibat dari pada kriteria Orang Tanpa Gejala (OTG), hal ini menunjukkan peningkatan cukup pesat.

Lanjutnya dari hasil terkonfirmasi yaitu 435 kasus terdiri kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang positif sebanyak 19 kasus, kemudian Orang Tanpa Gejala (OTG) ada peningkatan luar biasa sebanyak 159 kasus atau sekitar 37% dari jumlah kasus yang terkonfirmasi dan selebihnya 257 kasus adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau sekitar 59%.

“Bulan lalu perkembangan OTG ini masih sekitaran 10 sampai 11% sekarang sudah menunjukkan peningkatan luar biasa, hal ini harusnya menjadi kewaspadaan terutama pada masyarakat yang sudah mulai beraktivitas,” ungkapnya.

Untuk itu, kewajiban masyarakat adalah bagaimana bisa menjaga diri supaya tidak tertular caranya melakukan berbagai upaya pencegahan yaitu patuh dan tertib untuk melakukan protokol kesehatan.

Selain itu, Andi juga melaporkan kasus sembuh bertambah satu kasus dari Kabupatern Kutai Barat (KBR 22 laki-laki 32 tahun). Kasus tersebut dinyatakan SEMBUH karena dari hasil laboratorium Rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negatif serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada penambahan 18 kasus dari total 11.870 kasus, selesai pemantauan 11.287 kasus dan masih dalam proses pemantauan 583 kasus.

Dengan demikian kasus terkonfirmasi positif di Kaltim berjumlah 435 kasus, negatif 1.629 kasus, sembuh 323 kasus, probable satu kasus, meninggal dunia lima kasus dan masih dirawat 107 kasus.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *