SAMARINDA –Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, HM. Sa`bani, mengatakan, jumlah penerima Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) yang bersumber pada APBD Kaltim melalui Dinas Sosial Kaltim keseluruhannya sebanyak 41.549 orang.

Hal itu disampaikan Sa`bani seusai menerima Laporan Kadis Sosial Kaltim, HM Agus Hari Kesuma didampingi Sekretaris, Muhammad Yusuf, di ruang kerjanya, perihal penyaluran BSM tersebut, Senin (22/6/2020).

“Jumlah penerima BSM melalui Dinas Sosial Kaltim (41.549) ini merupakan hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan Diskominfo Kaltim, yang mana dari usulan awal sebanyak 116.604 orang, yang dinyatakan memenuhi syarat dan layak mendapatkan BSM adalah sebanyak 41.549 orang,” papar Sa`bani.

Pihaknya berharap BSM tersebut dapat membantu mengurangi masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat Kaltim selama masa pandemi Covid -19 sejak bulan Maret 2020 lalu itu.

“Penyaluran BSM melalui Dinas Sosial Kaltim ini telah mulai dilaksanakan 19 Juni lalu yaitu di Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara, harapan Pemprov Kaltim tentunya masyarakat bisa kembali bangkit dan bisa kembali produktif untuk menghasilkan sesuatu guna mencukupi kebutuhan hidup,” jelasnya.

Sementara itu Kadis Sosial Kaltim, HM Agus Hari Kesuma mengatakan, data penerima BSM melalui OPD yang dipimpinnya itu terdiri dari beberapa sektor diantaranya usulan dari Dinas Sosial Kabupaten/kota, usulan DPRD Provinsi Kaltim, ojek online, wartawan, serta sejumlah sektor lainnya.

“Untuk penyaluran BSM di Kabupaten/kota lainnya akan segera menyusul dilakukan, sambil menunggu proses pembukaan rekening oleh bank penyalur,” tegas Agus.

Adapun rincian penerima BSM melalui Dinas Sosial Kaltim adalah sebagai berikut :

–  Kota Samarinda 4.179, Penyalur BRI
–  Kota Balikpapan 28.306, Penyalur Bankaltimtara
–  Kota Bontang 909, Penyalur Bankaltimtara
–  Kabupaten Kutai Kartanegara 902, Penyalur Bankaltimtara
–  Kabupaten Berau 1.867, Penyalur BRI
–  Kabupaten Penajam Paser Utara 943, Penyalur Bankaltimtara
–  Kabupaten Kutai Barat 602, Penyalur BRI
–  Kabupaten Paser 862, Penyalur Bankaltimtara
–  Kabupaten Kutai Timur 2.885, Penyalur BRI
–  Kabupaten Mahakam Ulu 124, Penyalur BRI.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *