Samarinda— Meski sempat tertunda beberapa waktu karena adanya dampak dari pandemi Corona Virus (Covid-19), seleksi calon Komisioner Komisi Informasi Prov Kaltim kembali dilaksanakan. Sebanyak 30 peserta melanjutkan tes ke tahap psikotest yang berlangsung 23-25 Juni 2020 di Gedung Assessment Jalan Dewi Sartika Samarinda.

Dalam pelaksanaan tes psikotest, peserta akan dibagi menjadi 3 bagian. Untuk hari pertama dan kedua sebanyak 12 peserta, kemudian hari ketiga sebanyak 6 orang.

Peserta harus menjawab berbagai jenis soal psikotes yang ada. Diantaranya berkaitan tentang intelijensi, kepribadian dan manajerial, ungkap salah satu tim penguji Sukma Hawani Putri.

Selain itu, lanjutnya, peserta juga akan menjalani wawancara. Tahapan ini tujuannya untuk mengetahui integritas dan karakter individu. Disamping melihat kemampuan berbicara calon anggota KI dalam menghadapi materi pertanyaan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.

“Ada psikolog yang akan memberikan beberapa pertanyaan. Hasil jawaban itu diharapkan akan mengetahui bagaimana individu bisa berbicara dengan baik dan mudah dimengerti,” terangnya.

Sesuai dengan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik,  Anggota Komisi Informasi Provinsi berjumlah 5 (lima) orang yang mencerminkan unsur pemerintah dan unsur masyarakat.

Nantinya Komisi Informasi dipimpin oleh seorang Ketua merangkap anggota dan didampingi oleh seorang wakil ketua merangkap anggota. Rekrutmen calon komisioner secara terbuka, jujur dan objektif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *