Samarinda— Gubenur Kalimantan Timur, Dr. H. Isran Noor menyerahkan secara simbolis Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Provinsi Kalimantan Timur, ditandai dengan pemotongan pita berlangsung yang di Halaman depan Kantor Gubenur Kaltim, (23/06/2020).

Serah Terima Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Provinsi Kalimantan Timur diperuntukkan bagi Kepala Daerah 10 Kabupaten/Kota untuk membantu korban pasca banjir Di Kota Samarinda dan Pandemi Covid-19,

Gubernur Kalimantan Timur sebagai Dewan Ketahanan Pangan sangat mengapresiasi Dinas Pangan, Tananman Pangan dan Horikultura beserta prangkat daerah lainya di lingkup Provinsi Kalimantan Timur termasuk kabupaten/Kota  dalam mendukung ketahanan pangan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Gubernur, Hadi Muliyadi  mengatakan adanya pembagian pangan ini membuktikan Kaltim memiliki ketahanan pangan yang cukup.

“ Harapan saya dari Dinas Ketahanan Pangan lebih meningkatkan  pangan, agar masyarakat dapat mandiri dalam sektor pangan,” ujar Wagub.

Beliau (Wagub) menambahkan bantuan ini diluar dari bantuan yang diberikan oleh Dinas Sosial secara langsung sebesar Rp 250 ribu,  dimana masyarakat yang sudah menerima bantuan dari Pemkot tidak bisa mendapatkan bantuan pangan ini. Karena, datanya berasal dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kaltim.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim, Ir.H. Dadang Sudarya, M.MT menyampaikan  CPP Provinsi Kalimantan Timur, yang bersumber dari Sumber dari dana APBD yang berjumlah sbesar 373 Ton beras berkualitas medium yang di simpan di gudang bulog .

Lanjutnya, Pangan yang merupakan Hak asasi manusia di jamin penuh dan kebutuhannya oleh UU No.18 tahun 2012  tentang pangan dan berdasarkan peraturan mentri pertanian No 11 tahun 2018 tentang penetapan jumlah cadangan beras pemerintah Daerah provinsi Kaltim.

“Harapannya, agar cadangan pangan sesuai dengan Permentan 11 tahun 2018 terkait ketersediaan Cadanagn Pangan Daerah dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan dapat dipenuhi seluruh Kabupaten/Kota yang selama ini , selain Provinsi, hanya lima Kabupaten yang sudah menyediakan melalui dana APBDnya disamping Cadangan Pangan Masyarakat melalui Lumbung Pangan Masyarakat.

Adapun 10 Kabupaten/Kota yang mendapatkan CPP Prov Kaltim terkait Pademi Covid-19.

  1. Kab. Paser
  2. Kab. Kutai Barat
  3. Kab. Kukar
  4. Kab. Kutim
  5. Kab. Berau
  6. Kab. Penajam Paser Utara
  7. Kota Balikpapan
  8. Kota Samarinda
  9. Kota Bontang
  10. Kab. Mahakam Ulu

Pelaksanaan di lapangan untuk 10 Kabupaten/kota diperkirakan paling lambat satu minggu setelah serah terima. Untuk menghadiri overlapping bantuan pemerintah penyaluran CPP ini telah dilakukan aktualisasi data yang bersumber dari Dinsos Prov. Kaltim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Kaltim serta hasil analisis Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kaltim.

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *