Samarinda – Setelah terhambat sekitar tiga bulan akibat Virus Corona seleksi komisi informasi kaltim dilanjutkan kembali, 30 peserta yang lolos seleksi tertulis mengikuti tes psikotes dan dinamika kelompok yang dibagi menjadi tiga hari yang dimulai hari ini hingga tiga hari kedepan.

Bertempat di Unit Pelaksana Teknis Daerah Penilaian Kompetensi Pegawai Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Jalan Kartini No.1 Samarinda, Selasa (23/6/2020). Dengan menggunakan protokol kesehatan seluruh calon komisioner diperiksa suhu tubuh sebelum Masuk keruangan.

Sekretaris Panitia Seleksi Sri Rezeki Marietha memaparkan proses seleksi ini “Kami memulai lagi tahapan seleksi Komisi Informasi masa bakti 2020 – 2024 (Psikotes dan Interview) yang sempat terhenti 3 bulan karena pandemi Covid 19, tentunya pelaksanaan ini memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 sehingga menjadi tiga hari, guna mengurangi berkumpulnya para peserta,” Paparnya.

Proses ini merupakan salah satu proses penting guna memilih calon komisioner yang terbaik dari yang baik. Sengketa informasi publik antara pemohon informasi dengan badan publik mewajibkan komisioner mempunyai pengetahuan dan kecermatan.

“Tes ini diikuti oleh 30 calon komisioner yang telah lulus tes potensi awal Maret lalu, Bulan Juli nanti tes selanjutnya adalah Interview oleh tim seleksi Komisi Informasi dan hasilnya mengerucut 15 orang kemudian kami serahkan ke DPRD, selanjutnya, calon Komisioner yang terpilih itu akan mengikuti tahapan Uji Kepatutan dan Kelayakan, Sehingga nantinya terpilih lima orang yang menjadi Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kaltim” Tambahnya.

Proses seleksi calon komisioner Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur Periode Tahun 2020-2024 diharapkan menghasilkan komisioner bagian dari solusi bukan bagian dari masalah keterbukaan informasi publik. Hal ini mencirikan calon komisioner yang tidak hanya pandai dalam teori / materi namun juga sudah pernah melaksanakan keterbukaan informasi publik dan menjalankan standar layanan informasi publik pada badan publik tempatnya beraktivitas dan bekerja sebelum mengikuti seleksi menjadi calon komisioner KIP Kaltim.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *