Samarinda – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menyerahkan secara simbolis serah terima bantuan alat laboratorium BSL 2 Covid-19 dari PT Migas Mandiri Pratama (MMP) Pemerintah Daerah Provinsi Kaltim kepada Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Samarinda di Gedung Fakultas Kedokteran, Kamis (25/6).

Hadi mengucapkan terima kasih kepada MMP yang telah membantu BSC Class II Tipe A2 dan Reagen kit kepada Fakultas Kedokteran Unmul melalui CSR mereka.

“Semoga alat ini dapat membantu pemerintah mengetahui hasil Swab yang telah dilakukan tes melalui Laboratorium Fakultas Kedokteran Unmul yang berfungsi memeriksa asam nukleat virus dengan teknologi yang dapat mengetahui ada dan tidak adanya genotipe virus,” ungkap Hadi usai serah terima bantuan.

Lanjutnya, Bantuan ini merupakan dukungan dari badan usaha milik daerah (BUMD) Provinsi Kaltim yaitu PT Migas Mandiri Pratama kepada Fakultas Kedokteran Unmul Samarinda.

“Kami berharap hasil tes swab Covid-19 di Kabupaten/Kota bisa diketahui hasilnya melalui alat tersebut,” ucapnya.

Sementara, Dekan Fakultas Kedokteran Unmul Samarinda Ika Fikria mengatakan alat tersebut bisa dioperasionalkan sekitar dua atau tiga minggu lagi.

“Kami berterima kasih kepada Pemprov Kaltim dan juga PT MMP yang telah membantu alat untuk uji tes swab Covid-19. Karena kami harus optimalisasi alat dulu sebelum mengetahui sample yang diberikan,” jelasnya.

Untuk diketahui, alat tersebut dapat mengetahui hasil sample yang dites maksimal 180 sample per hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *