Kutai Timur – Grafik perkembangan kasus penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Jumat (26/6), kembali menujukkan perkembangan. Dari rilis data terbaru yang disampaikan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kutim pada pukul 15.24 WITA, diketahui terjadi penambahan 2 (dua) kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19, yakni KTM-47 dan KTM-48.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim, Bahrani Hasanal menuturkan penambahan dua kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kutim hari ini, status kedua pasien merupakan karyawan sub kontraktor perusahaan tambang di Kutim yang sedang menjalankan karantina, usai menjalani cuti kerja dan rencananya akan kembali bekerja pada perusahaan masing-masing di Sangatta.

“Keduanya (KTM-47 dan KTM-48, red) merupakan karyawan sub kontraktor perusahaan tambang di Sangatta. Sebelumnya menjalani cuti dan saat kembali ke Sangatta, langsung menjalani karantina sesuai ketentuan dari pemerintah Kutim. KTM-47, dikarantina di salah satu hotel yang ditunjuk pemerintah Kutim sebagai tempat karantina terpadu. Sedangkan KTM-48, menjalani karantina di mandiri di mess perusahaan. Kedua pasien ini dipastikan belum ada kontak dengan rekan sekerja mereka selama masa karatina dan kini sudah menjalani perawatan di RSUD Kudungga. Sore ini, keduanya diumumkan secara resmi sebagai pasien terkonfirmasi positif COVID-19 oleh Tim Gugus Tugas COVID-19 Kaltim,” ujar Bahrani.

Selain kasus terkonfirmsi positif, lanjut Bahrani, hari ini juga diumumkan kasus sembuh COVID-19, yakni KTM-43. Dikatakan, KTM-43 ini merupakan seorang pasien wanita yang merupakan pelaku perjalanan dari Bali dan datang ke Kaltim untuk menjemput suaminya yang resign atau berhenti dari sebuah perusahaan di Sangatta. Saat dinyatakan positif COVID-19, pasien KTM-43 ini langsung menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit di Kota Balikpapan. Setelah menjalani pemeriksaan swab dua kali berturut-turut, akhirnya dinyatakan negatif COVID-19 dan sembuh.

“Hari ini, KTM-43 dinyatakan sembuh. Pasien ini belum sempat ke Sangatta, karena saat pengambilan swab, posisinya (KTM-43, red) masih di Balikpapan. Jadi langsung dirawat di salah satu rumah sakit di sana (Balikpapan, red). Dengan kesembuhan KTM-43, maka jumlah pasien sembuh COVID-19 di Kutim, kini berjumlah 32 orang. Sementara yang kasus terkonfirmasi positif, berjumlah 48 orang,” sebutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *