KUKAR – Museum Negeri Propinsi Kalimantan Timur Mulawarman yang berlokasi di Tenggarong Kutai Kartanegara kembali membuka jadwal kunjungan bagi wisatawan setelah ditutupnya tempat bersejarah pada tanggal 17 maret 2020 yang lalu, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah Kukar.

“Museum Mulawarman sudah mulai dibuka sejak Sabtu 4 Juli kemarin, dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah,” kata Zularfi, Kasubag TU Museum Negeri Mulawarman.

Saat akan memasuki Museum Mulawarman diharuskan untuk mencuci tangan dipojok bawah sebelah kiri tangga, selanjutnya dilakukan pengecekan suhu tubuh normal, dan dilanjutkan registrasi pengunjung, mendata asal pengunjung dan baru dipersilahkan untuk membeli tiket masuk.

Tidak hanya itu pengunjung juga wajib menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter, dan bagi pengunjung yang berusia 5 tahun kebawah dan diatas 60 tahun serta suhu tubuh diatas 37,3 celcius tidak diperkenankan masuk.

Namun sejak dibukanya kunjungan ke Museum Mulawarman ini, tampak terlihat kawasan ini masih sepi pengunjung, hanya beberapa orang yang berkkeliling melihat koleksi museum tersebut.

“ ya masih cukup sepi pengunjung, saya harap kedepan bisa kembali ramai dan protokol kesehatan yang sudah ada bisa terus dijalankan,” kata Anto, salah satu pengunjung dari Samarinda.

Selama dilakukan penutupan, pihak pengelola Museum Mulawarman melakukan berbagai pembenahan di lokasi, mulai pengecatan dan penataan ulang barang museum. Dengan protokol kesehatan yang diterapkan pengelola berharap tingkat kunjungan wisata bisa kembali meningkat dan berdampak pada pendapatan asli daerah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *