Minggu, 5 Juli 2020
BALIKPAPAN-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan meminta, agar perusahaan wilayah operasi Balikpapan untuk mempertegas kembali pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 selaku Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan, sebab, dari perkembangan terakhir, kasus positif kembali bertambah dari pekerja perusahaan, terutama bidang Migas dan perbankan.

Gugus Tugas Balikpapan telah menginvetarisasi sejumlah perusahaan dengan pekerjanya terjangkit Covid-19, dan akan mengundang kembali untuk melakukan rapat koordinasi.

Salah satu perusahaan di bidang Migas di Balikpapan juga tengah melakukan rapat dengan Pemerintah Kota Balikpapan sore ini, Minggu (5/7/2020).

Sebelumnya, tim Gugus Tugas melakukan peninjauan protokol kesehatan pada salah satu proyek Migas di Balikpapan dan akan menyampaikan evaluasi, dari hasil peninjauan tersebut.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan, setelah pertemuan kedua dengan wakil perusahaan Migas, tanggal 29 Juni 2020 lalu, Pemerintah Kota telah merumuskan langkah pencegahan yang dituangkan dalam Surat Edaran Wali Kota Nomor 440/0332/Dinkes tentang Pengendalian Covid-19 di Lingkungan BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta di kota Balikpapan Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Poin penting yang ditegaskan adalah bagi perusahaan yang mendatangkan pekerja dari luar Kalimantan Timur wajib melakukan pemeriksaan swab test PCR di daerah asal yang berlaku selama 14 hari sejak tanggal surat diterbitkan.

Kemudian, bagi perusahaan yang berlokasi di wilayah Kota Balikpapan wajib membentuk Tim Gugus Tugas di lingkungan perusahaan yang memantau berjalannya protokol kesehatan. Serta aktif berkomunikasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan.

“Jika ada karyawan perusahaan yang terkonfirmasi positif, maka perusahaan wajib melakukan tracing contact dan protokol pencegahan kepada karyawan lainnya sampai tidak mendapatkan hasil positif baru,” kata Rizal.

Sementara itu, Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan menyampaikan perkembangan Covid-19, Minggu (5/7/2020) bahwa, terdapat penambahan sebelas kasus positif dan dua terkonfirmasi negatif. (ay)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *