Penajam— Sebanyak 5.062 rumah di Kabupaten Penajam Pasr Utara (PPU), Kalimantan Timur, segera dialiri jaringan gas (jargas) dengan pemasangan gratis, setelah tahun 2019 juga telah terpasang sebanyak 4.260 rumah yang hingga kini masih berfungsi.

“Saat ini proses pekerjaan insfrastruktur jargas sedang berlangsung yang diharapkan segera tuntas, agar warga yang belum mendapat layanan jargas segera menikmati kenyamanan dan kemudahannya,” ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten PU Ahmad Usman di Penajam.

Pekerjaan infrastruktur jargas untuk 5.062 sambungan rumah (SR) itu berada di seputaran Kecamatan Penajam, mulai dari Kelurahan Nipah-Nipah hingga Kelurahan Petung. PPU juga mendapat tambahan pemasangan bagi 300 SR di Kelurahan Waru, Kecamatan Waru.

Ia berharap proses pemasangan jargas dapat selesai dalam waktu dekat agar warga bisa secepatnya menikmati fasilitas yang disediakan oleh negara tersebut.

Sementara Andys Kurniawan, warga Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, mengaku senang karena rumahnya dapat jatah pemasangan jargas, sehingga ia tidak perlu lagi membawa tabung gas ke warung untuk membeli elpiji.

“Proses administrasinya sudah saya urus dan selesai, kabarnya dalam minggu ini akan dipasang, saya dengar harganya lebih murah ketimbang beli elpiji menggunakan tabung. Semoga saja begitu, kami juga lebih mudah dalam menggunakan karena tinggal putar, tidak perlu membeli gas ke warung,” kata Andys.

Sedangkan Masrani, warga Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam, juga antusias menerima tawaran sambungan jargas karena manfaat yang telah dirasakan oleh warga lain yang ia kenal telah menerima pemasangan lebih dulu.

“Dulu saya masih khawatir dengan pemasangan jargas, namun setelah melihat keluarga yang telah menerima, ternyata sangat mudah dan lebih murah, tidak perlu antre beli gas dan tidak perlu mengangkat tabung,” tuturnya.

Sebelumnya, di tahun 2019 Kabupaten PPU telah dialiri jargas bagi 4.260 SR yang meliputi Kelurahan Nenang, Penajam, Nipah-Nipah, Gunung Seteleng, dan Kelurahan Sungai Parit.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *