BERAU – Wakil Bupati Berau H Agus Tantomo melakukan peninjauan di Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Tanjung Redeb, Jl Rambutan, Kecamatan Tanjung Redeb, Berau, Selasa (18/8).

Kunjungan tersebut untuk memastikan pelayanan kesehatan bisa tetap jalan di masa menuju new normal akibat pandemi Covid-19 yang masih mewabah saat ini.

Wabup Agus Tantomo mengatakan, kunjungan ini rutin Ia lakukan untuk memastikan masyarakat mendapat pelayanan kesehatan maksimal juga menindak lanjuti laporan masyarakat yang masuk terkait banyaknya pasien yang antre di RSUD dr Abdul Rivai.

“Saya melakukan kunjungan secara rutin seperti ini untuk memastikan pelayanan kesehatan masyarakat berjalan lancar,” ujar Wabup Agus Tantomo.

“Tadi pagi saya menerima laporan foto jika di rumah sakit terjadi penumpukan pasien ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, sehingga saya berfikir agar hal tersebut bisa diurai agar tak terulang kembali,” tuturnya.

Dijelaskan Agus, penguraian tersebut dimaksudkan agar pasien yang bisa dilayani di Puskesmas maka dilakukan di Puskesmas saja kecuali memang membutuhkan pelayanan serius maka harus dirujuk ke rumah sakit.

“Selanjutnya saya akan koordinasi dengan Dirut Rumah Sakit, jika pasien tersebut bisa dilayani di Puskesmas kenapa tidak di arahkan ke Puskesmas saja,” pungkasnya.

Sementara itu melihat pelayanan kesehatan di Puskesmas yang terdapat di kota Tanjung Redeb tersebut, Agus menyebutkan jika mulai normal dibanding saat awal-awal pandemi.

“Ini sudah kembali normal seperti sebelum adanya pandemi. Namun masih ada beberapa yang belum normal seperti poli gigi, yang biasanya bisa melayani hingga 10 pasien kini masih kurang pasien yang masuk untuk mendapatkan layanan kesehatan,” ungkapnya.

Selain meninjau pelayanan kesehatan wakil bupati Berau itu juga melihat langsung kondisi rumah Puskesmas yang Ia sebut membutuhkan renovasi

“Ini sudah over load, bahkan teras pun menjadi ruang tunggu jadi memang membutuhkan perbaikan dan Alhamdulillah anggaran perencanaan untuk merubah Puskesmas ini sudah ada,” tutupnya.

Kepala UPT Puskesmas Tanjung Redeb H Kasran mengapresiasi kunjungan wakil bupati tersebut, menurutnya hal ini bisa menjadi masukan untuk kembali meningkatkan pelaksanaan kesehatan ke masyarakat.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya tumpukan pasien di rumah sakit, Kasran mengatakan akan melakukan segala hal termasuk hanya merujuk pasien yang emergency saja namun hal tersebut masih akan dibahas.

“Kami sebatas rawat jalan untuk melayani pasien, dan kedepan akan kita ataur sedemikian rupa agar kasus emergency saja yang bisa kita rujuk. Karena di Rumah Sakit itu semua rujukan puskesmas,” tuturnya.

Ia menambahkan pelayanan Puskesmas Tanjung Redeb sudah mulai kembali normal dengan jumlah masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di masa pandemi ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *