BALIKPAPAN – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan terus mengalami peningkatan dari hari ke hari sejak dua bulan terakhir ini. Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah dan aparat TNI Polri belum juga membuahkan hasil maksimal.

Sejumlah kluster baru justru ikut bermunculan sehingga tak luput menjadi penyumbang baru akan pertumbuhan angka pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Data yang dihimpun Tim Gugus Tugas Penanganan covid-19 Kota Balikpapan tercatat jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona sudah mencapai 1.341 kasus yang terdiri 256 di rawat di rumah sakit, 228 isolasi mandiri, 768 sembuh dan 89 diantaranya meninggal dunia.

Menyikapi hal itu, Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Tarmudi turun langsung ke lapangan dan menginstruksikan para personilnya termasuk seluruh polsek rutin melakukan patroli penegakan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan.

” Berjiwa besar itu sederhana saja yaitu pakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, olahraga teratur, asupan nutrisi cukup dan Insha Allah kita bisa menyelamatkan diri sendiri dan jiwa orang lain,” katanya, Senin (24/8).

Selain patroli, jajaran kepolisian juga membagikan masker kepada para pengendara mapun warga lain yang kedapatan tidak menggunakan masker. ” Mari kita sama-sama mengatasi wabah Covid ini karena bukan masalah pemerintah saja tetapi masalah kita bersama. Ayo patuhi protokol kesehatan pakai masker dan hindari berkumpul-kumpul,” lanjutnya

Menggunakan alat pengeras suara, para personil kepolisian mendatangi tempat-tempat yang kerap dijadikan perkumpulan orang dalam jumlah besar diwilayah kota Balikpapan. Petugas belum bisa memberikan sanksi tegas kepada pelanggar protokol kesehatan lantaran belum ada aturan hukum yang mengikat.

Perwali Balikpapan yang memuat tentang sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan saat ini masih damam tahap sosialisasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *