SAMARINDA—Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Kaltim, acara tersebut akan berlangsung 31 Agustus sampai 1 September. Bertempat di Hotel Grand Sawit, Jl. Basuki Rahmat, (30/08/2020)

Pembukaan diresmikan oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, Kepala Bappeda Kaltim, HM Aswin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim, Riza Indra Riadi dan Karo Humas Setdaprov Kaltim, HM Syafranuddin.

Dalam sambutannya orang Nomor Satu di Kaltim berpesan kepada peserta hendaknya dapat meningkatkan wawasan mereka dari rakor tersebut. Bahkan, ketika nantinya kembali ke daerah masing-masing.

“Pengembangan Kelompok Sadar Wisata itu tidak akan jauh-jauh dari peserta semua. Di sekitar kita ada yang bisa dikembangkan dan kita tidak mengetahuinya,” ujar Isran Noor.

Poin penting dalam sambutan Gubernur Kaltim, Isran Noor bagi peserta Rakor Pokdarwis se Kaltim agar tidak jauh-jauh menjalankan program sadar wisata. Artinya, melihat lingkungan di daerah sendiri diperlukan, apabila Pokdarwis ingin mengembangkan wawasan, maka tidak perlu jauh.

“Lihatlah sekeliling di daerah sendiri. Itu informasi penting, ternyata kita tidak mengetahui. Jadi, kita sudah diajarkan dengan lingkungan di sekitar. Tinggal bagaimana memanfaatkan dengan baik agar bernilai manfaat,” ajaknya.

Misalnya, potensi wisata bahari yang dimiliki dan kekayaan alam hingga situs sejarah di sejumlah daerah. Apabila dikembangkan dengan baik, maka tidak perlu jauh-jauh mengundang wisatawan tapi wisatawan itu sendiri datang kesini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni mengatakan Rakor Pokdarwis tahun ini berbeda, karena di masa pandemi Covid-19. Sehingga diberlakukan protokol kesehatan setiap kegiatan.

Rakor diikuti 40 peserta dari delapan kabupaten/kota se Kaltim dari rencana 50 orang tetapi dua Kabupaten berhalangan ikut serta yakni Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *