SAMARINDA—- Penambahan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Timur memperlihatkan peningkatan drastis. Penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaaan laboratorium Covid-19 dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini sebanyak 159 kasus. Sehingga, menjadikan jumlah kasus positif Kaltim menjadi 4.536 kasus. Sebaran kasus positif Covid-19 terjadi di delapan Kabupaten/Kota.

Hal ini dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat rilis harian melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Kamis (3/9/2020).

Ia menjelaskan penambahan masing-masing kasus dari Kabupaten Berau empat kasus, Kabupaten Kutai Barat tiga kasus, Kabupaten Kutai Kartanegara 38 kasus, Kabupaten Kutai Timur 3 kasus, Kabupaten Paser tiga kasus, Kabupaten Penajam Paser Utara 9 kasus, Kota Balikpapan 91 kasus dan Kota Bontang delapan kasus.

“Angka ini mungkin menunjukan perbedaan dengan Kabupaten/kota, karena mengingat closing data yang berbeda. Saat closing ada beberapa kabupaten/kota yang terlambat menyampaikan laporannya kepada Provinsi dan kami akumulasikan untuk laporan besok hari,”ungkapnya.

Selanjutnya dituturkan Andi, ada penambahan 27 kasus meninggal dunia dari Kota Balikpapan 23 kasus dimana 21 kasus diantaranya merupakan hasil cleaning data Dinas Kesehatan Kota Balikpapan yang merupakan kasus-kasus yang meninggal dari bulan Agustus-September 2020 yang baru dilaporkan. Dua kasus berikutnya merupakan pasien yang dilaporkan meninggal dua September 2020.

Kemudian dari Kota Samarinda dilaporkan empat kasus yang meninggal dunia. Kasus tersebut merupakan hasil cleaning data Dinas Kesehatan Kota Samarinda merupakan kasus-kasus yang meninggal dari bulan Agustus -September 2020.

Pada hari ini juga dilaporkan terjadi penambahan kasus terkonfirmasi sembuh sebanyak 79 kasus. Pasien terdistribusi dari Kabupaten Kutai Kartanegara 39 kasus, Kabupaten Kutai Timur satu kasus, Kabupaten Penajam Paser Utara satu kasus dan Kota Balikpapan 38 kasus.

Dengan begitu, pasien semhuh di Kaltim menjadi 2.553 kasus dari total 4.536 kasus positif. Sehingga saat ini masih ada 1.789 kasus yang masih menjalani perawatan, untuk kasus meninggal menjadi 192 kasus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *