Samarinda – Sejak 1 hingga 30 September 2020, petugas Sensus Penduduk 2020 akan mendatangi rumah-rumah warga yang belum melakukan sensus penduduk secara daring.

Kepala Badan Pusat Statistik Kaltim (BPS Kaltim) Anggoro Dwitjahyono menjelaskan Sensus Penduduk adalah amanat undang-undang dan pelaksanaannya dilaksanakan setiap 10 tahun sekali.

“Walau masih dalam masa pandemic Covid-19, kita akan mendatangi rumah warga. Terdapat tiga zona wilayah yang kita lakukan pencacahan di Indonesia yaitu, Zona 1 untuk wilayah Drop Off Pick Up (DOPU), Zona 2 untuk wilayah Non Drop Off Pick Up (Non DOPU) dan Zona 3 untuk wilayah wawancara,” jelasnya pada Kamis (3/9/2020).

Penyesuaian yang terjadi dari sisi jadwal dan mekanisme kegiatan, agar pelaksanaan berjalan optimal tetap berpegang pada prinsip pengutamaan keselamatan dan protokol kesehatan.

Pada Zona 1, petugas sensus akan meninggalkan formulir SP 2020 yang akan diisi secara mandiri oleh masyarakat, sedangkan pada Zona 2 petugas sensus akan melakukan verifikasi ke masing-masing responden. Sedangkan pada Zona 3 dikhususkan untuk Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sementara untuk wilayah Kaltim pelaksanaan SP 2020 dilakukan dengan mekanisme Zona 1 dan Zona 2. Penerapan mekanisme Zona 2 dilakukan hanya di Kota Balikpapan dan Kota Samarinda, sedangkan kabupaten/kota lainnya menerapkan mekanisme Zona 1.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengapresiasi 479 ribu penduduk Kaltim yang telah meluangkan waktu mereka untuk mengisi Sensus Penduduk online (daring). Sensus Penduduk Online 2020 dilaksanakan dalam kurun waktu 31 Maret hingga 1 Juni 2020.

“Saya memberikan apresiasi kepada 479 ribu penduduk Kalimantan Timur yang telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online 2020. Saya harapkan masyarakat menerima kedatangan para petugas sensus. Namun saya ingatkan, tetap dengan menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan,” pesan Hadi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *