Samarinda – Rapat koordinasi Forkopimda dalam rangka penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Jumat (25/9/2020).

Gubernur Kaltim bersama Wakil Gubernur mengundang Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak di hadiri pula Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim, Ketua Pengalidan Tinggi Agama Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kaltim Rudiansyah, acara juga dilakukan secara virtual.

Gubernur Kaltim Isran Noor membahas tentang penanggupangan Covid-19 dan pelaksaan pemilukada tahun 2020.

“Acara hari ini sebenarnya ada dua yang direncanakan yang pertama deglarasi terkait penyelenggaraan pemilukada se Kaltim dan sekaligus rapat koordinasi penanganan Covid-19,” Tutur Isran.

Namun deglarasi belum bisa dilaksanakan karena nantinya akan mengundang kerumunan banyak orang.

“Kenapa rapat ini kita lakukan, bisa kita bayangkan kemarin terakhir kenaikan secara nasional itu 4634 pasien terkonfirmasi Covid-19, Kalo kita rata-rata sehari 4000 dalam sehari, bagaimana 90 hari kedepan?
Ini tidak bisa main-main, harus jelas dan tegas,” Cetus Isran.

Kaitannya dengan Pemilukada tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia mengeluarkan peraturan Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lantujan dalam kondisi bencana nonalam corona virus disease 2019 (Covid-19).

“Karena keputusan pemerintah pusat tetap melaksanakan penyelenggaraan Pemilukada 2020, karena itu amanat konstitusi yang tidak bisa dihindari, namun kita laksanakan dengan suasana yang berbeda, tidak bisa kita suasana yang normal,” Harap Isran.

Gubernur Kaltim Isran Noor bersyukur kepada TNI dan Polri untuk segala bantuan, kesiapan dan kerjasamanya dalam penanganan wabah ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *