SAMARINDA — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Timur menggelar acara Penghargaan dari Pemerintah  bagi Aktivis yang berkontribusi dalam menjaga lingkungan di HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA TAHUN 2020, bertempat di Kantor Gubernur ruang Ruhuirahayu, Senin  (28/09/2020)

Penghargaan tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor beserta jajaranya, dimana seusai memberikan sambutan dilanjut dengan Penyerahan Pelakat Penghargaan ke masing-  masing peserta yg hadir. Diketaui sebagian lagi peserta mengikuti secara jarak jauh menggunakan aplikasi video zoom meeting.

Lingkungan hidup yang meliputi sumber daya alam,tumbuhan dan satwa sungguh sangat bermanfaat bagi manusia, serta merupakan modal pembangunan. Mengingat lingkungan hidup sebagai penyedia alokasi ruang, penyumbang pendapatan dan SDA penyedia jasa lingkungan dan ekosistem, serta perlindungan dari resiko bencana.

Kaltim kaya akan hutan dan lulupan hutan, disisi lain Ekosistem bulan subugan Salah satu SDA utama di Kaltim merupakan paru-paru dunia yang harus dijaga, sebagai rumah bagi sejumlah besar spesies flora dan fauna yang kaya akan sumber daya genetik dengan tipe ekosistem berlimpah.

Terkait dengan begitu pentingnya keberadaan lingkungan hidup bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, maka pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2020 ini yang dipusatkan di Colombia mengusung tema mengenai Biodiversity dengan tagline Time for Naturel.

Keanekaragaman hayati merupakan pondasi pendukung semua kehidupan di daratan, lautan dan udara, mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia mulai dari kesehatan, menyediakan udara dan air yang bersih, makanan, obat-obatan dan mitigasi perubahan iklim.

Menurut Gubernur Isran Noor, penghargaan pemerintah ini tidak hanya sekedar memenuhi kegiatan rutin dalam penilaian terhadap perusahaan mengelola lingkungan hidup perusahaannya.

Tapi ini adalah sebuah nilai makna yang sangat besar. Bagaimana kita semua peduli dan memelihara lingkungan. Tidak hanya keuntungan perusahaan, tapi masyarakat dan makhluk hidup lainnya,” tegas Isran Noor.

Pengelolaan lingkungan dengan baik bagi Isran, tentu mampu menyelamatkan sumber daya hayati, sumber daya alam serta sumber daya lingkungan Kaltim.

“Kaltim ini luar biasa. Sebab memiliki berbagai macam plasma nutfah, ribuan plasma nutfah serta ratusan satwa langka. Komitmen perusahaan mengelola lingkungan secara baik, pasti akan menyelamatkan sumber daya hayati, alam dan lingkungan bagi kesejahteraan maayarakat,” ungkap Isran Noor.

Peserta proper tahun ini sebanyak 252 perusahaan dari pertambangan batubara, industri, jasa, migas dan manufaktur. Dan 232 diberikan peringkat Emas (12 perusahaan), Hijau (85), Biru (113), Merah (19) dan Hitam (3). Serta 56 sekolah Adiwiyata dari Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Paser, Kabupaten Berau dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Diketahui, Provinsi Kaltim tercatat memiliki lebih dari 3000 jenis vegetasi, lebih dari 300 jenis burung yang hidup secara alami diantaranya ada merupakan ikonik seperti Rangkong, memiliki lebih dari 200 jenis mamalia yang hidup alami.  Beberapa diantaranya sudah sangat langka dan menjadi spesies penting di Kalimantan Timur, seperti: Orangutan, Badak, Bekantan, Owa, Lutung, Beruang Madu dan juga terdata lebih dari 100 jenis ampibi dan reftil yang hidup secara alami penting seperti Buaya Siam dan Penyu. Termasuk jenis-jenis mamalia perairan seperti: pesut, dugong, lumba-lumba dan paus.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *