SAMARINDA— Sekretaris Daerah Prov. Kaltim, HM Sa’bani meluncurkan secara resmi aplikasi Sistem Pelayanan Elektronik Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Sparkling) yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltim, secara virtual melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Kamis (1/10/2020).

Sa’bani mengatakan ini merupakan aksi perubahan tidak saja akan dimanfaatkan secara sempit oleh dinas tapi tentu saja kita ingin sistem pelayanan elektronik ini dapat dengan mudah diakses oleh semua pihak yang berkaitan dengan keperluannya dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dijelaskannya gagasan seperti ini patut terus dikembangkan, bagaimanapun dengan inovasi-inovasi yang kita tuangkan dalam bentuk apapun akan sangat membantu kerja dan tugas sehari-hari. Sehingga, dapat mendukung kelancaran aktivitas administrasi maupun pelayanan- pelayanan yang menang menjadi bagian dari tugas pemerintah khusnya pelayanan publik.

“Sayang kalau gagasan itu hanya dalam bentuk konseptual semata saja kemudian hanya menjadi pajangan, jangan,” tuturnya.

Menurutnya, aplikasi Sparkling jangan hanya dipahami oleh orang-orang yang berada di Dinas Lingkungan Hidup atau beberapa orang yang memang sering berinteraksi dengan Dinas Lingkungan Hidup, tetapi semua pihak bisa dengan mudah mengaksesnya dan memanfaatkannya.

“Ibaratnya itu tidak memerlukan kecanggihan yang luar biasa tapi dengan peralatan yang sederhana dengan android yang sederhana bisa dimanfaatkan untuk mengakses keperluan- keperluan dalam rangka untuk mendapatkan pelayanan elektronik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,”ucapnya.

Adanya Sparkling pada Dinas Lingkungan Hidup, dirinya menilai sudah sejalan dengan misi dan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam RPJMD khususnya berdaulat dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Tentu saja gagasan ini juga menunjang poin lima dari misi di dalam RPJMD yaitu, berdaulat dalam mewujudkan birokrasi Pemerintahan yang bersih, profesional dan berorientasi pada pelayanan publik.

“Harapan kita Sparkling dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, aman transparan dan akuntabel serta tentu saja mudah diakses,”tegasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *