SAMARINDA—Mewakili Wakil Gubernur Kaltim, Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim, H Elto mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) untuk Penanggulangan Penanganan Kemiskinan di Era Covid-19. Bertempat di Ruang Heart of Borneo(HoB) Kantor Gubernur Kaltim, Selasa, (6/10/2020.

Rakor tersebuat diselenggarakan Kementerian Sekretariat Negara RI, Sekretariat Wakil Presiden, Kementerian Dalam Negeri dan TNP2K dimoderatori Spesialis Strategi Advokasi Kebijakan TNP2K, Baiq Dian Rahmawati.

Diawali dengan paparan Sekretaris Eksekutif  Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Bambang Widianto.

Elto menjelaskan sesuai tupoksi TKPK akan terus mengkoordinasikan kegiatan-kegaiatan berkaitan penanggulangan kemiskinan di daerah. Terlebih di masa pandemi Covid diduga angka semakin tinggi dan meningkat.

“Tim ini (TKPK) berada di Bappeda dan dipimpin Wakil Gubernur Kaltim untuk tingkat provinsi dan wakil bupati maupun wakil walikota di tingkat kabupaten dan kota,” ujarnya.

Pemprov Kaltim tambah Elto melalui TKPK terus berkoordinasi dengan OPD-OPD terkait dalam menanggulangi dampak-dampak yang ditimbulkan pandemi Covid.

Selain penanggulangan dan penanganan bagi masyarakat terdampak melalui program-program bantuan sosial di tingkat daerah oleh OPD terkait. Juga, bagaimana upaya memulihkan ekonomi agar dampak wabah tidak semakin parah dan mengakibatkan masyarakat benar-benar tidak terpenuhi kebutuhannya.

“Pandemi ini mengakibatkan angka kemiskinan meningkat dan pengangguran terus bertambah. Ini lah fokus TKPK dalam penanggulangan dan penanganan dampak Covid di daerah,” ungkapnya.

Rakor diikuti Wakil Gubernur/Wakil Bupati/Wakil Walikota selaku Ketua TKPK se Indonesia dengan narasumber Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Heri Nur Cahya Murni, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Kemendagri, Budiono Subambang dan Kepala Tim Kebijakan Perlindungan Sosial TNP2K, Sri Tunastuti Rahayu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *