SAMARINDA – Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah atau sebagian pihak saja, melainkan upaya pencegahan juga harus diupayakan oleh seluruh elemen masyarakat.

Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi mengatakan kondisi Kaltim saat ini masih terjadi penyebaran dan penularan virus, maka peranan semua pihak diperlukan guna mencegah semakin meluas wabah.

“Berdasarkan informasi Tim Gugus Tugas Covid Kaltim, kita sudah masuk peringkat kedelapan nasional,”ungkap Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi saat memimpin rapat koordinasi Penanganan Covid-19 Kaltim, di Ruang Tepian I Kantor Gubernur, Selasa (6/10/2020).

Menurutnya, peringkat ini bukanlah prestasi. Karena itu, perlu kesadaran bersama melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut.

Dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran dan penularan virus, maka dibutuhkan peran aktif seluruh pemerintah Kabupaten dan Kota untuk melakukan sosialisasi.

Namun demikian, terpenting untuk disosialisasikan hingga tiga bulan kedepan adalah bagaimana masyarakat mengetahui tentang protokol kesehatan.

Sehingga bersama-sama mencegah penyebaran dan penularan virus dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak aman dan tidak berkerumunan, selalu mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Sementara Kepala BPBD Provinsi Kaltim, Yudha Pranoto, dalam laporannya mengatakan menghadapi pandemi Covid-19 ini tidak ada kata lain semua pihak harus bersinergi untuk bersama-sama menangani virus ini.

Maka perlu penegakan disiplin dalam protokol kesehatan agar dijalankan secara serentak masif dan terpadu di 10 Kabupaten/kota.

Dirinya berharap kinerja dan efektivitas dari Kabupaten dan Kota supaya lebih ditingkatkan lagi, agar nanti bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *