SAMARINDA – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, H M Agus Hari Kesuma menerima audiensi dari pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim dalam rangka menyampaikan program pembinaan dan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021, Selasa (13/10/2020).

Ketua Koni Kaltim, Zuhdi Yahya  menyampaikan laporan bahwa jumlah cabor yang lolos di PON Papua berdasarkan seleksi Pra PON 2019 sebanyak 33 Cabor dari 37 Cabor yang di pertandingkan. Angka ini dikatakannya berada di urutan 4 (empat) di luar dari tuan rumah.

“Persiapan kontingen PON Kaltim sudah dilakukan dengan metode Training Center (TC) Mandiri memakai protokol kesehatan dan latihan secara daring karena perjuangan menuju PON Papua sungguh sangat berat,”katanya.

Oleh karenanya Koni Kaltim mengusulkan dukungan anggaran kepada Pemerintah Provinsi Kaltim sebesar 331 Milyar yang diperuntukkan untuk pembinaan terhadap seluruh atlit baik yang lolos atau tidak di PON Papua.

“Atas arahan Gubernur Isran Noor untuk dilakukannya rasionalisasi anggaran, maka total anggaran yang dibutuhkan menjadi 250 milyar rupiah,”ujar anggota DPR RI masa bakti 2014-2019 tersebut.

Zuhdi pun melaporkan untuk pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) di rencanakan akan berlangsung pada bulan April hingga September 2021.

“Terakhir kami berharap agar  terkait bonus atlet dapat menjadi perhatian khusus dan dapat disampaikan lebih awal oleh Pemprov Kaltim. Hal ini menyangkut bagian dari penghargaan bagi pejuang olahraga benua etam, apalagi kita bejuang keras bersama-sama mempertahankan prestasi minimal urutan lima,”pungkasnya.

Menanggapi audiensi dan laporan dari Koni Kaltim, Plt. Kadispora menyampaikan terima kasih atas silaturrahim dan laporan terkait kegiatan Koni dalam rangka pembinaan atlit prestasi dan persiapan menuju PON Papua

“Terkait anggaran, kami berharap agar pengurus Koni,  terus melakukan silaturrahim dengan Pemprov dan Legislatif agar anggaran pembinanaan prestasi dan persiapan menuju PON mendapatkan alokasi sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”ujar Agus yang juga pernah mengurus Kontingen Kaltim di PON 2008 dan 2012 lalu.

PON Papua sendiri dijadwalkan pada tanggal 2 hingga 13 Oktober 2021 mendatang, dengan tempat pelaksanaan tersebar di sejumlah daerah seperti pembukaan di Kabupaten Jaya Pura, Kota Kayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Marauke.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Agus Tianur, Kabid Pembudayaan Olahraga H Sirajuddin, serta Kasi Promosi Prestasi Olahraga Rasman. Sementara Zuhdi Yahya didampingi Bendahara umum , Syafruddin AH. (rdi)

 

Sumber : Dispora Kaltim

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *