SAMARINDA—Guna meningkat pelayanan informasi kepada masyarakat, serta optimal dalam menyusun data informasi publik dan data yang dikecualikan, PT. Migas Mandiri Pratama (MMP) Kaltim Melakukan kunjungan audiensi ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Diskominfo Kaltim Bertempat di Ruang Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Kamis (15/10/2020).

Kunjungan tersebut langsung disambut baik oleh Kasi Pengelolaan Opini dan Komunikasi Publik, Irene Yuriantini dan Kasi Pengelolaan Informasi, Sri Rezeki Marietha beserta staf lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Manager SDM dan Legal Gabriel mengatakan kunjungan yang dilakukan pada hari ini merupakan hasil tindak lanjut dari sosialisasi PPID pada tanggal 8 Oktober 2020 terkait launching atau peluncuran Sistem Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi (SEMAKIN) PPID 2020 yang merupakan inisiasi serta komitmen PPID Utama dalam meningkatkan kualitas keterbukaan informasi di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Juga dalam rangka peningkatan pelayanan informasi kepada masyarakat, pihak kami membutuhkan tambahan ilmu dan pengetahuan guna menjadi PPID Pembantu yang berkualitas,”ujarnya.

Gabriel mengungkapkan, saat ini kedudukannya selaku BUMD tentu menjadi bagian dari pada prinsip-prinsip Keterbukaan Informasi Publik tersebut sehingga berdasarkan sosialisasi yang dilakukan dari PPID utama provinsi Kaltim, maka pihaknya merasa berkepentingan dan bertanggung jawab untuk melakukan pendalaman koordinasi agar bisa mengimplementasikan di perusahaannya sekaligus yang menjadi kebutuhan informasi untuk masyarakat.

“Kebetulan memang status kami ini PPID pembantu berdasarkan aturan tersebut.
Selama ini kami belum ada lembaganya, begitu kami mendapatkan informasi dari PPID utama, kami segera merespon itu baik dengan mengikuti sosialisasi maupun yang merespon dengan cara berinisiatif untuk melakukan pertemuan ini, sehingga bisa mendapatkan bimbingan pengarahan dari PPID utama,”ungkap Gabriel.

Untuk itu dirinya secara umum menyampaikan terima kasih kepada PPID utama dan Kominfo Kaltim atas masukan yang telah di berikan.

“Harapan kedepan, kami ingin dibimbing terus sehingga kami nanti bisa menjadi PPID pembantu yang terbaik yang bisa memberikan pelayanan Informasi Kepada Publik,”harapnya.

Melihat hal tersebut, Kasi Pengelolaan Informasi, Sri Rezeki Marietha sangat mengapresiasi semangat yang ditunjukan oleh PPID Pembantu PT. Migas Mandiri Pratama untuk melakukan keterbukaan informasi Publik di lingkungan BUMD.

“Salah satunya di MMP itu Mereka akan menindaklanjuti dengan cara mengisi kuesioner SEMAKIN yang sudah di launching minggu lalu oleh Sekda, jadi mereka akan berpatisipasi dan mendukung kinerja PPID Utama Pemprov Kaltim,” tutupnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *