SAMARINDA—Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting. Di tengah pandemi Covid-19, kekhawatiran mengunjungi dokter gigi tentu dirasakan masyarakat.

Dalam rangka peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2020 di tengah pandemi Unilever melalui brand Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Samarinda dan Program Studi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Mulawarman berkolaborasi dengan mengajak masyarakat menjadi #PahlawanSenyum melalui serangkaian kegiatan edukasi promotif dan preventif secara online.

Melalui BKGN 2020, Pepsodent menegaskan komitmennya dan mengajak masyarakat menjadi #PahlawanSenyum untuk #MerdekakanSenyum Indonesia

Layanan konsultasi online dengan dokter gigi juga dapat menjawab permasalahan akan akses konsultasi dokter gigi yang belum merata di Indonesia.

Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia, Nina Djustiana mengungkapkan para dokter gigi dan juga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi bersiap untuk membuka kembali layanan seturut adaptasi protokol kesehatan. Meski demikian, Nina juga mengingatkan pentingnya selama pandemi ini para pasien tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Caranya dengan yang paling mudah adalah mengontrol asupan makanan dan minuman, yakni menjauhi produk makanan dan minuman yang berpotensi merusak gigi.

Kedua, masa pandemi yang lebih banyak di rumah saja janganlah membuat masyarakat semakin malas untuk gosok gigi secara teratur.

“Menyikat gigi harus tetap teratur, minimal pagi dan sore. Jangan terlalu banyak makan yang karbohidrat tinggi dan mengandung gula. Lalu, harus rajin berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Konsultasi selama pandemi bisa manfaatkan teledentistry,” jelas Nina.

Dari data Profil Kesehatan Nasional 2019 menunjukkan bahwa secara nasional 38,8% Puskesmas masih belum memiliki dokter gigi sesuai syarat minimal dari pemerintah.

Diketahui konsultasi Online (teledentistry) dilakukan pada tanggal 23-25 November 2020 mulai jam 10.00 – 17.00 WITA melalui aplikasi chat Whatsapp dengan kontak 0878-8876-8880.

Pasien akan terhubung dengan dokter gigi staf FKG Unmul secara otomatis melalui Whatsapp untuk mengkonsultasikan berbagai masalah gigi dan mulut yang dialami.

Seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam konsultasi online ini kapan pun dan dimana pun secara gratis.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *