KUTAI BARAT— Pjs Bupati Kutai Barat, H.M Syirajudin secara simbolis melaunching  Aplikasi Pelayanan. Diantaranya Aplikasi Kubar OK , KUBAR TUK dan Kegiatan DUKCAPIL MENYAPA MASYARAKAT baru-baru ini.

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol secara bersama-sama oleh Pjs Bupati Kutai Barat, H M Syirajudin SH MT, Kepala Diskominfo Kabupaten Kutai Barat, Mobilala, Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Kubar, Florence Rombe dan Kepala Disdagkop Kabupaten Kubar, Salomon Sartono.

Aplikasi Kubar Ok dibuat guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Sebuah portal aplikasi yang didalamnya terdapat berbagai layanan masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kutai Barat, melalui tiga Perangkat Daerah, yakni Diskominfo, Disdukcapil dan Disdagkop UKM.

Pjs Bupati Kutai Barat, H M Syirajudin  menyambut baik dan mengapresiasi pembangunan dan peluncuran Aplikasi KUBAR OK, KUBAR TUK dan Kegiatan DUKCAPIL MENYAPA MASYARAKAT. Ini sebagai upaya pemerintah Kutai Barat, yang ingin memuaskan pelayanan kepada  masyarakat, karena tugas utama dari Pemerintah adalah pelayan masyarakat. Dengan adanya Aplikasi ini dapat membantu memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal.

“Diera teknologi saat ini kita diharuskan dapat  menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang cepat, mudah dan secara online atau daring sehingga diharapkan setiap ASN dapat mengikuti perkembangan teknologinya dan tidak gagap teknologi (gaptek),” tegasnya.

Semoga kedepan akan ada aplikasi-aplikasi dari perangkat daerah lainnya di Kutai Barat, tentunya dengan adanya komunikasi dan sinergi yang efektif antara Diskominfo dengan perangkat daerah lainya dalam menyiapkan segala yang diperlukan baik dari segi SDM dan peralatan yang dibutuhkan.

Yang terpenting adalah dalam penerapan sistem aplikasi harus mempertimbangkan maintenancenya, peningkatan kualitas Sumberdaya manusianya dan ketersediaan peralatan yang memadai secara konsisten, terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Diskominfo Kutai Barat, Mobilala mengatakan Aplikasi Kubar OK adalah sebuah aplikasi portal yang didalamnya terdapat layanan masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu menginstal banyak aplikasi di gawainya, cukup satu aplikasi Kubar OK maka masyarakat sudah dapat mengakses layanan masyarakat yang diselenggarakan oleh pemerintah Kutai Barat.

“Selain perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, sudah sepantasnya layanan kepada masyarakat semakin cepat efektif dan efisien, yang diimpelentasikan dengan beragam aplikasi untuk penyelengaraan layanan kepada masyarakat.

Lanjutnya, masyarakat tidak perlu ke kantor Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukannya, cukup dari rumah saja masyarakat sudah dapat mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan. Dan tidak hanya itu masyarakat juga dapat memantau sejauh mana progress proses pengurusan administrasi kependudukannya.

Selain pelayanan administrasi kependudukan, didalam Aplikasi Kubar OK juga terdapat layanan pendaftaran tera ulang yaitu Kubar TUK (Kutai Barat Tepat Ukur), aplikasi ini diperuntukan bagi masyarakat dan pelaku usaha yang memiliki alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya. Melalui aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi ke kantor Disdagkop untuk melakukan pendaftaran tera dan tera ulang, cukup mengisi formulir pada aplikasi, selanjutnya akan diproses formulir pendaftaran tersebut dan akan memberikan jawaban terkait waktu pelaksanaan tera melalui email, telepon dan aplikasi itu sendiri.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *