SAMARINDA–  Perkumpulan Juang Kencana (PJK) adalah tempatnya orang-orang berpengalaman yang telah merasakan asam garam serta pahit gertirnya pelaksanaan Program KB di lapangan. Oleh karena itu, wadah potensial ini harus benar-benar dioptimalkan untuk mendukung percepatan pelaksanaan program.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H. Muhammad Edi Muin saat mengikuti kegiatan Penguatan Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana) bersama Perkumpulan Juang Kencana Provinsi kalimantan Timur di Ruang Keluarga Berencana, Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Selasa siang (1/12).

Menurut Edi Muin, keberhasilan dalam melaksanakan berbagai Program KB tidak dapat sepenuhnya dicapai hanya dari BKKBN semata. Keberhasilan program ini jelas memerlukan dukungan secara sinergis dari berbagai kalangan baik dari lembaga pemerintah terkait, lembaga swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha dan lain sebagainya. Termasuk juga para purna tugas dari BKKBN yang pernah terlibat langsung untuk  membantu dan mendukung para yuniornya di lapangan.

Edi Muin juga mengatakan BKKBN saat ini adalah BKKBN Baru dengan Cara Baru Menuju Era Baru dimana target sasaran saat ini bukan lagi mereka yang berasal dari generasi baby boomer dan generasi x.

“Zaman berubah, tantangan pun berbeda dari masa ke masa,”ucapnya.

Lanjutnya Program KB telah berhasil dikenal oleh masyarakat generasi baby boomer dan generasi x saat ini, bahkan sebagian besar dari mereka masih mengingat slogan “Dua Anak Cukup dan Mars KB”. Namun di saat yang sama, masyarakat generasi millenials dan generasi Z (zillenials) tidak begitu mengenal BKKBN. Padahal jumlahnya saat ini adalah yang terbesar di Indonesia.

Oleh karena itu, jelasnya BKKBN melakukan rebranding logo, tagline, slogan, mars hingga jingle yang diubah dan disesuaikan dengan karakter yang digandrungi para remaja sehingga diharapkan mampu untuk menarik minat untuk mengenal dan berpartisipasi dalam program-program di BKKBN, seperti Program Genre (Generasi Berencana) yang mengajak kaum remaja untuk merencanakan hidup mereka sejak dini sesuai dengan cita-cita yang ingin dicapai.

Sementara itu, Wakil Ketua I PJK Provinsi Kalimantan Timur, Dra. Hj.  Martuti mengapresiasi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur karena terus melakukan pendampingan dan memberikan bantuan untuk Juang Kencana selama ini.

“Kami mengucapkan terima kasih karena Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur selalu siap mendukung kami selama ini. Semoga silaturahmi dan persaudaraan dari kami para pensiunan kepada BKKBN tetap terjalin dengan baik, bahu membahu menyukseskan Program Bangga Kencana”, tuturnya.

Martuti juga menjelaskan bahwa saat ini telah terbentuk dan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PJK Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Masih ada sembilan lagi yang menjadi target Provinsi Kalimantan Timur untuk dibentuk dan dibina. Ke depan yang akan dilakukan adalah memfasilitasi pembentukan PJK Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Ini kami mulai dengan melakukan sosialisasi AD/ART PJK kepada para pensiunan BKKBN”, terang Martuti.

(HumasBKKBNKaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *