KUTAI BARAT – Sebanyak Empat puluh satu peserta mengikuti Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).

Kegiatan  tersebut selama satu hari yang dipusatkan di Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) Kabupaten Kubar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat, H. Muhammad Izzat Solihin, S.Ag., M.Pd., memantau langsung di tempat pelaksanaan ujian, didampingi Kasubbag TU, H. Achmad Syofian, S.Ag dan Kepala Seksi Pendidikan Islam.

Beliau mengatakan Asesmen dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru, pada dimensi pedagogik dan profesional sesuai standar yang telah ditetapkan. Serta diperoleh peta kompetensi guru, kepala dan pengawas sebagai bahan pembinaan dan pengembangan berkelanjutan. Dan juga sebagai bahan acuan kepada berbagai pihak terkait penyusunan kebijakan pengembangan profesi guru, kepala dan pengawas madrasah.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, untuk pertama dilaksanakan pada pagi hari pukul 08.00 Wita, yang diikuti sebanyak dua puluh lima peserta. Sedangkan sesi terakhir dilaksanakan pada siang hari dengan melibatkan delapan belas peserta untuk semua jenjang Madrasah di Kubar, jelasnya.

Asesmen dilaksanakan oleh Kementerian Agama Pusat secara online. Hasil pemantauan pada sesi pertama berjalan dengan baik, para peserta  menggunakan komputer di laboratorium milik MTsN Kubar. Satu peserta tidak dapat mengikuti pada sesi pertama ini dengan alasan sedang melaksanakan cuti hamil, terangnya.

“Mengapresiasi dengan dilaksanakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) ini.  Degan harapan seluruh tenaga pendidik Madrasah yang ada di Kubar dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga dapat meningkatkan mutu pengajaran seluruh Madrasah yang ada di Kubar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *