KUTAI KARTANEGARA – Walaupun masih diselimuti Pandemi Covid-19 namun Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur masih terus berusaha secara optimal dalam menjalankan program. Salah satunya terkait masalah stunting yang masih menjadi fokus utama pemerintah di bidang pembangunan.

Bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Gebyar Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan Dalam Rangka Momentum Hari Ibu pada Kamis (3/12) di Balai Desa Jongkang, Kecamatan Loa Kulu.

Kegiatan ini digelar bersamaan dengan pembagian 625 paket sembako yang akan didistribusikan ke beberapa wilayah di Desa Jongkang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Edi Muin, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Timur, Norbaiti Isran Noor, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kutai Kartanegara, Adinur, PJ Bupati Kutai Kartanegara yang diwakili oleh Asisten I, Ahmad Taufik serta PKB/PLKB, dan Kader Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dari tiga Desa Lokus Penanganan Stunting di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 11 orang dari Desa Jongkang, delapan orang dari Desa Loa Apari dan delapan orang dari Desa Loa Ipuh Darat.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Edi Muin mengatakan bahwa saat ini isu stunting atau gizi buruk kronis mendapat perhatian serius  sehingga menjadi prioritas nasional.

Edi mengungkapkan pembinaan Keluarga Balita melalui Promosi dan KIE Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan dalam masa new normal pandemi Covid-19 ini tetap harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol pencegahan covid-19 yang ketat karena Ibu hamil dan balita merupakan kelompok rentan.

Sementata Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Timur, Norbaiti Isran Noor mengatakan Para wanita muda calon ibu ini harus mengerti apa itu 1000 HPK atau Hari Pertama Kehidupan.

Hal ini penting sebab berkaitan dengan pola pengasuhan yang merupakan proses merawat, memelihara, mengajarkan, dan membimbing anak menjalin kehidupan yang baik.

” Oleh karena itu wanita harus memiliki pengetahuan yang matang di bidang pengasuhan anak untuk mencapai Kesejahteraan Keluarga,”ungkapnya.

Gebyar Pengasuhan 1000 HPK dalam Kegiatan Momentum Hari Ibu Tahun 2020 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu hamil dan keluarga baduta mengenai Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan khususnya di Desa Lokus Penanganan Stunting di Kabupaten Kutai Kartanegara.

(HumasBKKBNKaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *