BALIKPAPAN – Dalam rangka meningkatkan Indeks Reformasi Birokrasi, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Bagian Organisasi melakukan Knowledge Sharing Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) ) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)  dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan Pemkot Balikpapan, baru-baru ini.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Pemkab Kubar, Erik Victory S Sos M Si didampingi menjelaskan tujuannya untuk berbagi pengalaman tentang upaya dari Bagian Organisasi Pemkot Balikpapan dalam memberikan pendampingan ke unit kerja/ Perangkat Daerah yg ditunjuk sebagai unit kerja yg mencanangkan ZI dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut Turut hadir Kepala Sub Bagian Kinerja dan Reformasi Birokrasi pada Sekretariat Kabupaten Kubar, Suhartono S Ipem M S, Direktur RSUD Beriman Balikpapan, serta jajaran Organiasi Kota Balikpapan.

Dengan knowledge sharing pelaksanaan Pembangunan ZI tentu diharapkan bisa menjadikan acuan untuk bagian organisasi Kabupaten Kubar dalam membuat regulasi terkait percepatan Pembangunan ZI agar unit kerja/PD kedepannya bisa mendapatkan Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM), ujar Erik Victory S Sos M Si.

Ia menambahkan, sebagai tindaklanjut di Kubar menginisiasi Perangkat Daerah (PD) bersama Inspektorat agar segera  melaksanakan lanjutan tahapan-tahapan sampai dengan capaian predikat WBBK/WBBM. Untuk diketahui yang telah melaksanakan pencanangan ZI yang mana saat ini  beberapa PD di Pemkab Kubar yang ditunjuk yakni DPMPTSP, Disdukcapil, RSUD HIS dan bagian PBJ Setkab Kubar. Dan secara mandiri BKAD dalam pencapain Zona Integritas.

Harapan kedepan tentunya 5 (lima) PD ini menjadi contoh bagi PD lain terutama  yang melaksanakan fungsi pelayanan publik untuk segera melaksanakan Zonan Integritas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *